Akuntansi adalah suatu sistim informasi yang mengidentifikasi mencatan dan mengkomunkasikan  kejadian ekonomi dari satu organisasi kpd pihak yang berkepentingan

Perusaahan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seorang atau sekelompok orang atau suatu badan lainnya yang kegiatannya melakukan produksi dan  distribusi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi Indonesia
Jenis perusahaan
Perusahaan jara adalah perusahaan yang kegiatan utamanya menghasilkan jara
Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi barang yang tadinya bahan baku menjadi barang jadi

Jenis perusahaan dilihat dari bentuk:
Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perorangan untuk keuntungan sendiri
Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih tetapi terkait pada perjanjian yang telah disepakati
Perusahaan terbatas adalah merupakan bentuk badan usaha yang merupakan badan hokum dan kepemilikannya dibagi dalam saham”




ADMINISTRASI
Administrasi dalam arti sempit =kegiatan tulis menulis, pengarsipan, pembukuan, pengetikan, keuangan dan surat menyurat
Administrasi dalam arti luas = kerja sama yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih yang melakukan suatu proses kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
Administrasi lebih luas dari manajemen, alasanya karena administrasi mengarah kepada tujuan.
Administrasi dapat ditemukan kpd organisasi yang masih hidup
ð  Kerjasama
ð  Banyak orang
ð  Proses kegiatan
ð  Tujuan diwadahi  oleh suatu organisasi
Inti dari organisasi adalah manajemen
Manajemen adalah suatu kegiatan yang menggerakan orang lain.

Fungsi manajemen :
ð  Planing = perencanaan
ð  Organizing = pengorganisasian
ð  Actuating= penggerakan
ð  Controling = pengawasan

Langkah** yag harus dilaksanakan secara individu
ð  Sistem
ð  Prosedur/program kerja ( kegiatan)
ð  SOP (Sistem Operasional Prosedur)
ð  Corporate Plan ( rencana panjang)

·         Fungsi administrasi adalah cara**  yang dilakukan untuk mencapai tujuan
·         Proses** administrasi menurut William H New:
ð  Perencanaan / merencanakan adalah menentukan apa yang akan di lakukan
ð  Mengorganisasikan adalah menggolongkan kegiatan** yg perlu untuk melaksanakan rencana** dalam kesatuan** administratif dan menentukan hubungan** antara pemimpin dan karyawan dlam kesatuan
ð  Mengumpulkan sumber**
ð  Menjuruskan
ð  Mengawasi
Menurut prayudi atmo sudirjo administrasi sebagai proses adalah keseluruhan proses yang berdiri atas kegiatan**, pemikiran**, pengaturan** mulai dari penentuan tujuan sampai dengan penyelenggaraan sehingga tercapai tujuan.
Disimpulkan bahwo proses administrasi adalah rangkaian perbuatan manusia yang mengadung maksud tertentu.

Unsru administrasi / unsur umum pada proses penyelenggaraan ada 8 the liang gie
ð  Organisasi
ð  Manajemen
ð  Teta hubungan
ð  Kepegawaian
ð  Keuangan
ð  Perbekalan
ð  Tujuan ketata usahaan
ð  Perwakilan

Unsur** administrasi menurut Drs Soekarmo:
ð  Manajemen
ð  Kantor
ð  Urusan rumah tangga
ð  Urusan pegawai
ð  Keuanga
ð  VR ( Publik Relation)
ð  Penelitian
ð  Kearsipan
ð  Perpustakaan
ð  Statistik
ð  Hukum
ð  Ekspedisi

Unsur** administrasi menurut Dr. SP. Siagian MPA:
ð  2 orang manusia / lebih
ð  Tujuan
ð   Tugas yg hendak dilaksanakan
ð  Peralatan dan perlengkapan
Perbedaan pemimpin dan manajer
Pemimpin tdk bisa di katakan manajer tetapi manajer bisa dikatakan pemimpin
Pemimpin adalah orang yang bisa merekrut  / mempengaruhi seseorang atau juga seni untuk mempengaruhi seseorang untuk melakukan yang diinginkan
Manajer adalah orang yang bisa menggerakan orang lain dalm bagian tugas.

Rencana dan strategi
1.       Tujuan strategi
ð  Menyelamatkan nasib kehidupan organisasi jangka panjang
ð  Menarik keuntungan dari kesempatan** yg baik disekeliling organisasi teknik yaitu gerakan siasat
2.       Peraturan
3.       Rencana induk organisasi ( comporate master plan)
Master plan adalah suatu rencana pengembangan dari pada organisasi untuk jangka panjang dengan melihat dan memperhitungkan kemungkinan** pertumbuhan organisasi yang bersumber pada kemungkinan meluasnya kebutuhan akan apa yang dihasilkan atau yang disediakan oleh organisasi apkah berupa barang atau jasa.
4.       Corporate overal police (polisi umum) adalah pendirian atau sudut pandang yang dipakai sebagai pegangan dalm mengambil keputusan dari berbagai masalah yang dihadapi
Aspek-aspek dan analisa polisi (kebijakan)

  • Harus bersipat integratif
  • Harus bersipat antisipatif
  • Harus bersipat dicisition oriented adalah polisi yang akan ditetapkan harus memberi arah dan pegangan dalam mengambil keputusan oleh pemimpin bawahan
ð  Analisa polisi = sadar lingkungan, sadar jaman, sadar kebutuhan, sadar** yag berlaku yang harus diperhatikan
Analisa police “suatu studi, suatu penyelidikan yang sistematis tentang berbagai kemungkinan alternatif** dan pada suatu polisi yang harus ditetapkan”.
ð  Budget ( ajnggaran organisasi)
ð  Budget “terjemahan dari pada segala macam strategi, taktik, rencana, program, peraturan, proyek dan sebagainya kedalam bahasa uang.


semoga bermanfaat