Akuntansi
adalah suatu sistim informasi yang mengidentifikasi mencatan dan
mengkomunkasikan kejadian ekonomi dari
satu organisasi kpd pihak yang berkepentingan
Perusaahan
adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seorang atau sekelompok orang atau suatu
badan lainnya yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi
Indonesia
Jenis
perusahaan
Perusahaan
jara adalah perusahaan yang kegiatan utamanya menghasilkan jara
Perusahaan
manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi barang yang
tadinya bahan baku menjadi barang jadi
Jenis
perusahaan dilihat dari bentuk:
Perusahaan
perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perorangan untuk
keuntungan sendiri
Perusahaan
persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih tetapi
terkait pada perjanjian yang telah disepakati
Perusahaan
terbatas adalah merupakan bentuk badan usaha yang merupakan badan hokum dan
kepemilikannya dibagi dalam saham”
ADMINISTRASI
Administrasi dalam arti sempit =kegiatan
tulis menulis, pengarsipan, pembukuan, pengetikan, keuangan dan surat menyurat
Administrasi dalam arti luas = kerja sama
yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih yang melakukan suatu proses kegiatan untuk
mencapai tujuan bersama
Administrasi lebih luas dari manajemen,
alasanya karena administrasi mengarah kepada tujuan.
Administrasi dapat ditemukan kpd organisasi
yang masih hidup
ð Kerjasama
ð Banyak orang
ð Proses kegiatan
ð Tujuan diwadahi oleh suatu
organisasi
Inti dari organisasi adalah manajemen
Manajemen adalah suatu kegiatan yang
menggerakan orang lain.
Fungsi manajemen :
ð Planing = perencanaan
ð Organizing = pengorganisasian
ð Actuating= penggerakan
ð Controling = pengawasan
Langkah** yag harus dilaksanakan secara
individu
ð Sistem
ð Prosedur/program kerja ( kegiatan)
ð SOP (Sistem Operasional Prosedur)
ð Corporate Plan ( rencana panjang)
·
Fungsi administrasi adalah
cara** yang dilakukan untuk mencapai
tujuan
·
Proses** administrasi menurut
William H New:
ð Perencanaan / merencanakan adalah menentukan apa yang akan di
lakukan
ð Mengorganisasikan adalah menggolongkan kegiatan** yg perlu untuk
melaksanakan rencana** dalam kesatuan** administratif dan menentukan hubungan**
antara pemimpin dan karyawan dlam kesatuan
ð Mengumpulkan sumber**
ð Menjuruskan
ð Mengawasi
Menurut prayudi atmo sudirjo administrasi
sebagai proses adalah keseluruhan proses yang berdiri atas kegiatan**,
pemikiran**, pengaturan** mulai dari penentuan tujuan sampai dengan
penyelenggaraan sehingga tercapai tujuan.
Disimpulkan bahwo proses administrasi
adalah rangkaian perbuatan manusia yang mengadung maksud tertentu.
Unsru administrasi / unsur umum pada proses
penyelenggaraan ada 8 the liang gie
ð Organisasi
ð Manajemen
ð Teta hubungan
ð Kepegawaian
ð Keuangan
ð Perbekalan
ð Tujuan ketata usahaan
ð Perwakilan
Unsur** administrasi menurut Drs Soekarmo:
ð Manajemen
ð Kantor
ð Urusan rumah tangga
ð Urusan pegawai
ð Keuanga
ð VR ( Publik Relation)
ð Penelitian
ð Kearsipan
ð Perpustakaan
ð Statistik
ð Hukum
ð Ekspedisi
Unsur** administrasi menurut Dr. SP.
Siagian MPA:
ð 2 orang manusia / lebih
ð Tujuan
ð Tugas yg hendak dilaksanakan
ð Peralatan dan perlengkapan
Perbedaan pemimpin dan manajer
Pemimpin tdk bisa di katakan manajer tetapi
manajer bisa dikatakan pemimpin
Pemimpin adalah orang yang bisa merekrut
/ mempengaruhi seseorang atau juga seni untuk mempengaruhi seseorang
untuk melakukan yang diinginkan
Manajer adalah orang yang bisa menggerakan orang lain dalm bagian tugas.
Rencana dan strategi
1.
Tujuan strategi
ð Menyelamatkan nasib kehidupan organisasi jangka panjang
ð Menarik keuntungan dari kesempatan** yg baik disekeliling organisasi
teknik yaitu gerakan siasat
2.
Peraturan
3.
Rencana induk organisasi (
comporate master plan)
Master plan adalah suatu rencana pengembangan dari pada organisasi
untuk jangka panjang dengan melihat dan memperhitungkan kemungkinan**
pertumbuhan organisasi yang bersumber pada kemungkinan meluasnya kebutuhan akan
apa yang dihasilkan atau yang disediakan oleh organisasi apkah berupa barang
atau jasa.
4.
Corporate overal police (polisi
umum) adalah pendirian atau sudut pandang yang dipakai sebagai pegangan dalm
mengambil keputusan dari berbagai masalah yang dihadapi
Aspek-aspek dan analisa polisi (kebijakan)
- Harus bersipat integratif
- Harus bersipat antisipatif
- Harus bersipat dicisition oriented adalah polisi yang akan ditetapkan harus memberi arah dan pegangan dalam mengambil keputusan oleh pemimpin bawahan
ð Analisa polisi = sadar lingkungan, sadar jaman, sadar kebutuhan,
sadar** yag berlaku yang harus diperhatikan
Analisa police
“suatu studi, suatu penyelidikan yang sistematis tentang berbagai kemungkinan
alternatif** dan pada suatu polisi yang harus ditetapkan”.
ð Budget ( ajnggaran organisasi)
ð Budget “terjemahan dari pada segala macam strategi, taktik, rencana,
program, peraturan, proyek dan sebagainya kedalam bahasa uang.
semoga bermanfaat

0 Komentar